Keindahan dan kebersihan kelas merupakan hal yang sangat di butuhkan dalam dunia pendidikan, dimana jika kelas indah dan bersih maka akan membuat peserta didik betah belajar di kelas. Mereka akan merasa bahwa kelas adalah rumah mereka untuk mereka berkreasi dan menambah berbagai ilmu pengetahuan.
Agar kegiatan pembelajaran semakin menyenangkan dan tidak membosankan, maka diperlukan dukungan yang optimal salah satunya dengan mendesain kelas yang indah, dengan menggunakan berbagai macam dekorasi yang akan membuat kelas semakin indah dan murid akan semakin senang berada di dalam kelas.
Begitulah yang dilakukan di sekolah dasar negeri 31 jati tanah tinggi kecamatan padang timur, di mana semua guru dan wali murid berkolaborasi membuat kelas yang indah untuk anak anak mereka. Wali murid sangat antusias sekali dalam menghias kelas, wal murid rela menghabiskan waktu luang mereka dari pukul 10.00 siang sampai sore pukul 17.00 wib.
Selama satu bulan wali murid dan guru membangun kerjasama yang solid yang dinamakan dengan parenting kelas dan parenting orang tua.
Parenting orang tua sangat di butuhkan di sekolah dimana parenting tersebut bisa membangun kerjasama dan komunikasi wali murid dan guru menjadi lebih mudah, ide-ide untuk membangun kemajuan sekolah akan tercurah di parenting tersebut.
Tujuan dari menata kelas dengan baik bukan untuk mencari siapa yang jadi juara, namun untuk membuat anak-anak nyaman saat belajar di kelas. Dalam tata kelola kelas tersebut juri di datangkan dari luar agar penilaian lebih objektif, dan tidak ada rasa kecemburuan yang timbul. Tim penilai benar -benar orang yang ahli dalam hal tersebut. Di samping penialian tentang keindahan kelas juga di minta kelengkapan bahan ajar guru. Mulai dari kalender pendidkan, minggu efektif, silabus, KI KD, RPP dan SK PBM.
Keputusan dewan juri yang objektif tidak bisa di ganggu gugat, dewan juri menetapkan kelas 6 menjadi juara pertama karena kelas 6 memiliki mading di kelasnya. Mading kelas sangat di butuhkan untuk menyalurkan dan menempelkan hasil karya siswa, siswa bisa berkarya seperti melukis, menulis puisi, bahakan membuat pantun, semua karya itu di tempelkan di mading kelas agar siswa bisa membaca hasil karya temannya.
Juara ke dua di etapkan untuk kelas 4 karena tata kelola kelasnya yang megah dan indah. Di kelas 4 tersebut sangat terjalin kekompakan semua wali muridnya, jadi itulah yang menambah poin positif untuk jadi sang juara.
Sementara juara 3 ditetapkan untuk kelas 3, kelas 3 juga sama dengan kelas 4 yang wali muridnya kompak dalam bekerja sama.
Di dunia pendidikan sekolah tidak hanya dimiliki oleh guru dan siswa saja namun juga harus dimiliki oleh wali murid juga, jika wali murid merasa memiliki sekolah tersebut maka kerjasama akan mudah terjalin.